Tuesday, August 19, 2014

Banana Smoothies Kaya Nutrisi


banana Smoothies
Buah pisang sangat penting dikonsumsi pada masa kemahamilan, karena pisang mengandung berbagai macam nutrisi untuk ibu hamil. Di dalam pisang terkandung vitamin B6 , fosfor, dan vitamin C, protein, serat, serta vitamin2 lainnya.
Kandungan karbohidrat dalam pisang mampu memberikan energi yang cepat dibandingkan sumber karbohidrat lain sepeti nasi dan tepung beras. Kandungan energi dalam pisang juga tergolong tinggi yakni stiap 100gr mengandung 136 kalori, sehingga baik untuk menjaga stamina ibu hamil agar tidak cepat lelah karena kurangnya glukosa darah. Tidak hanya mengandung kalori yang cukup tinggi, buah pisang juga mengandung lemak kadar lemak yang rendah yaitu sekitar 0,13%.
Sedangkan kandungan vitamin A, Vitamin B6, mineral, magnesium, besi, kalsium, fosfor dan kalium sangat baik untuk perkembangan janin yang memiliki peran untuk mempercepat tebentuknya jaringan tubuh janin.
Selain itu, buah pisang juga dapat mengurangi mual pada ibu hamil akibat morning sickness.

Kandungan protein dalam pisang juga dapat memenuhi nutrisi untuk ibu hamil terutama pada trimester 2 dan trimester 3, skitar 14gram yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sel baru pada ibu dan bayi.
Satu buah pisang juga mengandung sekitar 3 gram serat, Serat dapat melancarkan pencernaan, sehingga mengurangi sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil. Selain itu, pisang juga mengandung mangan, yaitu mineral yang dibutuhkan untuk tulang dan metabolisme tubuh. satu buah pisang mengandung sekitar 3mg mangan.
Agar ibu hamil tidak cepat bosan, pisang dapat diolah menjadi banana smoothies. Dengan tambahan strawberry dan yoghurt menambah kesegaran saat dinikmati. Berikut langkah-langkah membuat banana smoothies  

Bahan-bahan
2 buah pisang ambon
5 buah strawberry
100 ml yoghurt tawar
100 ml air es

Cara membuat
1. Pilih pisang ambon yang sudah matang kupas lalu potong-potong
2. Pilih strawberry segar, cuci bersih dan buang mahkota daunnya
3. Masukkan semua bahan ke dalam blender, proses hingga semua bahan tercampur dan lembut
4. Tuang pada gelas saji.

Banana smoothies siap dinikmati. Cepat, mudah dan dapat melengkapi  nutrisi untuk ibu hamil.

No comments:

Post a Comment