Tuesday, August 19, 2014

Sandwich Bayam | Menu Sarapan Ibu Hamil


Salah satu sayuran hijau yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah bayam. Dari beberapa penelitian terbukti bayam mengandung banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui. Bayam mengandung asam folat tinggi yang sangat dibutuhkan pada awal kehamilan untuk pembentukan tabung saraf bayi, selain itu juga untuk mencegah cacat pada otak dan saraf tulang belakang bayi. Bayam juga mengandung kalsium dan zat besi untuk mendorong produksi darah yang dapat memenuhi kebutuhan darah pada rahim. Bayam juga mengandung serat, mangan, zat besi, vitamin A,C, dan K yang diperlukan untuk memnuhi nutrisi ibu hamil.

Selain mengandung banyak manfaat, bayam juga dapat menimbulkan racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan dan janinnya. Timbulnya racun pada bayam dipengaruhih oleh kesalahan pada saat memasak. Bayam yang telah dimasak hendaknya segera dihabiskan, karena kandungan senyawa yang terdapat pada bayam bisa mengalami perubahan dan mengandung racun.Bayam juga tidak boleh dimasak berulang-ulang, hal ini dapat mengakibatkan proses oksidasi antara udara dan zat besi yang terkandung pada bayam dan menjadi racun untuk tubuh. Sandwich bayam bisa menjadi alternatif dalam mengolah bayam agar aman di makan. Membuatnya pun cukup mudah, cepat dan praktis, berikut langkah-langkah membuat sandwich bayam

Bahan
8 lembar roti gandum
1 ikat bayam cabut
4 lembar selada air
200 gram tuna kaleng, suwir tipis
3 sendok makan saus sambal
3 sendok mustard siap pakai
1 sdm margarin
4 lembar keju cheddar


Cara membuat
1. rebus bayam kurang lebih 3 menit, angkat tiriskan
2. Olesi roti gandum dengan margarin, masak diatas wajan hingga kecoklatan
3. Olesi roti gandum yang sudah dipanggang dengan mustard dan saus sambal
4. Tambahkan daun salada, suwiran tuna, bayam, keju, dan tomat, susun rapi
5. Tutup dengan selembar roti gandum lagi
6. Potong menjadi 2 bagian, dan sajikan

Hidangan ini cocok untuk sarapan ibu hamil yang sering mengalami mual di pagi hari, porsinya pas dan nutrisinya lengkap.

No comments:

Post a Comment